Rabu, 14 Desember 2011

BERSYUKUR PERGANTIAN TAHUN



Kaum jahiliyah sudah terbiasa melakukan ibadah haji di hadapan ka’bah pada bulan haji. Praktek ibadah yang mereka lakukan adalah dengan cara bersiul dan bertepuk tangan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Anfal ayat 35 sebagai berikut:

$tBur tb%x. öNåkèEŸx|¹ yYÏã ÏMøt7ø9$# žwÎ) [ä!%x6ãB ZptƒÏóÁs?ur 4 (#qè%räsù z>#xyèø9$# $yJÎ/ óOçFZä. šcrãàÿõ3s? ÇÌÎÈ  

Artinya: “Sembahyang mereka di sekitar Baitullah itu tidak lain hanyalah siulan dan tepukan tangan. Maka rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu”.

Menurut ayat diatas bahwa kebiasaan orang orang Arab Jahiliyah apabila mereka datang ke Ka’bah dengan mengatasnamakan ibadah sholat akan tetapi ibadah yang mereka lakukan hanyalah siulan dan tepuk tangan, bahkan dalam riwayat yang lain merka tidak berpakaian alias telanjang. Judulnya mereka sholat tapi acara sholatnya justru bertentangan dengan yang disyari’atkan oleh Allah melalui Nabi Nya. Mereka bukan sholat tapi mereka maksiat walaupun mengatasnamakan ibadah.

Kurang lebih tinggal satu minggu lagi kita akan merayakan pergantian tahun, dari tahun 2011 ke tahun 2012. Pergantian tahun ini banyak sekali diantara saudara saudara kita yang mengadakan berbagaimacam acara, ada diantara mereka membuat acara musik, ada musik Dandut dan musik musik yang lain lalu mereka berkumpul untuk merayakannya dengan cara joget alias maksiat. Ada juga saudara saudara kita mendatangi tempat hiburan, dan ada juga diantara mereka yang muda mudinya datang ke puncak dan vila vila untuk merayakan pergantian tahun tapi acara yang mereka buat adalah hanyalah maksiat belaka.

Saudaraku, judul acara yang akan diadakan oleh saudara saudara kita nanti pasti namanya “bersyukur pergantian tahun”. Tetapi yang anehnya bersyukur kepada Allah justru acaranya bermaksiat dan melanggar aturan Allah.  Kalau seperti ini cara kita bersyukur kepada Allah, maka kita sudah meniru cara cara kaum jahiliyah, mereka beribadah di hadapan ka’bah tetapi ibadah yang mereka lakukan justru melanggar syari’at Allah alias bermaksiat. Apabila hal demikian yang terjadi ditengah tengah kita maka Allah akan mengajab dan menghukum akibat kekafiran yang kita lakukan selama ini. Na’udzubillah

Lewat tulisan singkat ini aku hendak mengajak kepada saudara saudaraku sebangsa dan setanah air, mari kita mensyukuri pergantian tahun ini dengan cara beribadah kepada Allah. Dari pada kita berkumpul untuk bermaksiat, maka hendaknya kita berkumpul disebuah lapangan, masjid atau tempat yang lain untuk bermuhasabah dan bertaqarrub kepada Allah SWT, dengan bermuhasabah ini kita dapat mengingat kembali perbuatan dosa yang kita lakukan pada tahun tahun yang lalu dan memasuki tahun 2012 ini kita ummat Islam dan bangsa Indonesia selalu mendapatkan naungan dan pertolongan dari Allah selama menjalani kehidupan yang penuh dengan tipu daya, permainan dan senda gurau.

Dengan bersyukur kepada Allah SWT atas ni’mat ni’mat yang diberikan kepada kita sehingga pada tahun tahun yang akan datang Allah SWT akan menambahkan keni’matan tersebut, sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam Al Qur’an surat Ibrahim ayat 7 :

øŒÎ)ur šc©Œr's? öNä3š/u ûÈõs9 óOè?öx6x© öNä3¯RyƒÎV{ ( ûÈõs9ur ÷LänöxÿŸ2 ¨bÎ) Î1#xtã ÓƒÏt±s9 ÇÐÈ
  
Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Saudaraku, perhatikan ayat diatas, siapa saja diantara kita yang bersyukur kepada Allah, bersyukur menggunakan aturan Allah bukan dengan aturan jahiliyah yang bermaksiat, maka Allah akan menambah keni’matan tersebut. Akan tetapi siapa saja yang mengingkari keni’matan pergantian tahun ini, maka Allah SWT akan mengajabnya. Perhatikan akhir ayat surat Al Anfal ayat 35 diatas dan akhir ayat surat Ibrahim ayat tujuh diatas, yang intinya adalah Allah akan mengajab dan menghukum siapa saja yang mengingkari ni’mat Allah atau kufur ni’mat. Na’udzubilla…

Saudaraku, semoga kita termasuk diantara hamba Allah yang senantiasa bersyukur dengan aturan Allah. Merayakan pergantian tahun dengan cara bermuhasabah dan bertaqarrub kepada Allah bukan dengan cara bermaksiat. Semoga di tahun 2012 ini kita selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Amin….


Abdul Hakim Abubakar El Kahir
Ketua Majelis Al Abroriyah Desa Rupe


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar